Google: Perusahaan Startup dari California yang Jadi Korporasi Raksasa

Google

dari Wikipedia, Ensiklopedia Bebas

Google adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang memfokuskan diri untuk mengembangkan layanan dan produk yang berkaitan dengan Internet. Layanan tersebut termasuk antara lain teknologi periklanan online, pencarian, komputerisasi awan, dan perangkat lunak. Keuntungan terbesar Google didapat dari AdWords, layanan periklanan yang berbasis penelusuran kata kunci yang dikembangkan oleh Google.

Google ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka berstatus sebagai mahasiswa program sarjana di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Bersama-sama mereka memiliki sekitar lebih dari 14 persen saham namun sekaligus mengontrol 56 hak voting pemilik saham melalui hak supervoting saham di perusahaan Google. Perusahaan korporasi Google diperkenalkan secara privat pada tanggal 4 September tahun 1998. Kemudian penawaran saham perdana diluncurkan kepada publik pada tangga 19 Agustus 2004. Misi yang mereka dengungkan adalah "Mengorganisasikan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah diakses dan sangat bermanfaat.", dan slogan tidak resmi mereka adalah "Jangan Menjadi Jahat". Pada tahun 2006, Google memindahkan pusat operasinya ke Mountain View, California, yang diberi nama Googleplex.

Produk-Produk Yang Dihasilkan Google

Pertumbuhan yang sangat pesat sejak berbentuk korporasi kemudian memicu lahirnya rantai produk, akusisi, dan kemitraan diluar dari bisnis inti perusahaan, yakni mesin pencari. Mereka kemudian menawarkan berbagai macam perangkat lunak untuk memudahkan produktivitas secara online seperti misalnya layanan e-Mail (GMail), office suite (Google Drive), dan media jaringan sosial (Google+).

Produk desktop antara lain termasuk aplikasi untuk browsing situs internet, mengatur dan mengubah foto, dan layanan pesan instan. Perusahaan ini kemudian memimpin pengembangan sistem operasi bergerak yang dinamakan Android dan Chrome versi browser saja yang dikembangkan untuk sebuah netbook dan diberi nama Chromebook. Google telah memindahkan sebagian fokusnya untuk lebih besar pada perangkat keras telekomunikasi, mereka bermitra dengan perusahaan produsen elektronik besar di dunia dalam mengembangkan Nexus, sebuah perangkat bergerak canggih yang menjalankan sistem operasi Android, dan kemudian mengakusisi Motorola Mobility pada bulan Mei tahun 2012. Pada 2012, sebuah infrastruktur fiber optik ditanamkan di Kansas City untuk memfasilitasi layanan "Google Fiber Broadband" yang mereka ciptakan.

Korporasi Google diperkirakan kini menjalankan lebih dari satu juta server di berbagai pusat data di seluruh dunia (pada tahun 2007) dan mereka memproses lebih dari satu milyar permintaan pencarian web, berukuran sekitar 24 petabytes dari data yang dihasilkan penggunanya setiap hari (pada tahun 2009). Pada bulan Desember 2013, situs pemeringkat Alexa menaruh Google pada posisi teratas situs yang paling banyak dikunjungi di dunia. Sejumlah situs milik Google diluncurkan dalam berbagai bahasa, hingga mencapai angka lebih dari 170 bahasa, termasuk beberapa situs yang dimiliki Google seperti misalnya Youtube dan Blogger. Dominasi Google di pasaran telah memantik peliputan dari berbagai media, termasuk kritik terhadap perusahaan tersebut atas isu seperti hak cipta, sensor, dan privasi penggunanya.

Sejarah

Google dimulai pada bulan Januari 1996 sebagai sebuah proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin dimana pada saat itu mereka adalah mahasiswa pada Universitas Stanford, California - Amerika Serikat.

Sementara mesin pencari konvensional memeringkatkan hasil pencarian mereka berdasarkan berapa kali kata yang dicari dituliskan dalam sebuah situs, dua orang pendiri Google tersebut mencetuskan sebuah teori tentang sistem yang lebih bagus dimana hubungan diantara semua website juga dianalisa sebagai referensi dalam pencarian. Mereka menyebut teknologi baru ini sebagai PageRank, dimana PageRank ditentukan dari jumlah halaman, seberapa penting halaman tersebut, dan siapa saja yang memberikan tautan kepada situs aslinya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar