Rata-Rata Penghasilan Orang Indonesia

PPK

Pendapatan Per Kapita atau disingkat PPK adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan per kapita juga merefleksikan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. Pendapatan per kapita sering digunakan sebagai tolok ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah negara; semakin besar pendapatan per kapitanya, semakin makmur negara tersebut.

Berapa rata-rata penghasilan orang Indonesia selama setahun?


Anda mungkin merasa penasaran ingin mengetahui berapa sebenarnya pendapatan atau penghasilan rata-rata orang Indonesia dalam setahun. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan di situs BPS (Badan Pusat Statistik). Pendapatan per kapita di Indonesia pada tahun 2011 adalah sebesar Rp 27.487.046.94 per tahun atau sekitar Rp 2.290.587,24 per bulannya. Ini merupakan angka tetap, yaitu angka yang resmi ditetapkan oleh BPS sebagai Pendapatan per kapita di Indonesia versi Badan Pusat Statistik. Sedangkan pada tahun 2012, Pendapatan per kapita orang Indonesia menunjukkan peningkatan hingga menjadi Rp 30.674.674,07 per tahunnya, atau apabila dibagai 12 akan menjadi sekitar Rp 2.556.222,84 per bulan. Ini merupakan angka sementara, yang berarti angka ini hanya bersifat temporer dan masih bisa berubah walaupun perubahannya tidak akan melenceng jauh dari angka sementara tersebut. Dan pada tahun 2013, pendapatan per kapita Indonesia kembali meningkat menjadi di angka Rp 32.463.736,28 per tahun atau sekitar Rp 2.705.311,36 per bulan. Angka terakhir ini adalah angka sangat sementara yang berarti masih sangat mungkin terjadi perubahan dan nilainya sangat fluktiatif. Sedangkan untuk tahun 2014, BPS belum merilis hasil penelitian statistik resmi mengenai Pendapatan Per Kapita di negara Indonesia.

Grafik Pendapatan Per Kapita di Indonesia Tahun 2011-2014


Untuk lebih mempermudah, saya sertakan grafik yang saya buat sendiri untuk menggambarkan peningkatan Pendapatan Per Kapita di Indonesia sejak tahun 2011 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik:

Pendapatan per Kapita Indonesia (dalam ribu rupiah).

Apabila ini dibandingkan dengan negara-negara lain, maka untuk itu kita akan menggunakan data pada tahun 2013 sebagai data terakhir yang valid untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan dengan negara-negara tetangga. Berdasarkan kurs US Dollar terhadap mata uang Rupiah hari ini yang berada pada angka Rp 11.824,99 per satu dollar Amerika, maka apabila dibulatkan, penghasilan rata-rata orang Indonesia per tahun adalah sebanyak US $ 2.750,- per tahunnya atau sekitar US $ 230,- per bulan untuk setiap kapita.

Angka ini sangat-sangat jauh apabila dibandingkan dengan negara-negara barat seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa seperti Inggris, Rusia, atau bahkan negara tetangga kita Australia. Dengan negara-negara Arab seperti Qatar dan Arab Saudi juga kita sudah jelas kalah. Lalu bagaimana jika pendapatan per kapita di Indonesia juga dibandingkan dengan negara seperti Jepang, China, Korea, Thailand, dan tetangga terdekat kita Malaysia. Berikut ini adalah tabel perbandingannya:
  1. Amerika Serikat : US$ 51.749,- /tahun
  2. UK (Inggris) US$ 38920,- /tahun
  3. Rusia : US$ 14307,- /tahun
  4. Australia : US$ 67442,- /tahun
  5. Jepang : US$ 46731,- /tahun
  6. China : US$ 6091,- /tahun
  7. Korea Selatan : US$ 22590,- /tahun
  8. Arab Saudi : US$ 25136,- /tahun
  9. Qatar : US$ 93825,- /tahun
  10. Thailand : US$ 5480,- /tahun
  11. Malaysia : US$ 10432,- /tahun
  12. Indonesia : US$ 2750,- /tahun
  13. Timor Leste : US$ 1068,- /tahun

Tabel Pendapatan Per Kapita Berbagai Negara di Dunia

Apabila data-data tersebut diatas dimasukkan dalam sebuah tabel Infografik, maka jadinya akan seperti ini:


Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa negara dengan pendapatan per kapita yang sangat besar per tahun adalah Qatar, bahkan negara yang tandus dan berjarak beberapa ratus kilometer dari kita di bagian selatan, yakni Australia, memiliki pendapatan per kapita 24x lebih besar dari negara kita yang kaya akan sumber daya alam ini. Sungguh memprihatinkan. Orang Malaysia bahkan memiliki pendapatan rata-rata 4x lipat pendapatan rata-rata orang Indonesia. Miris bos.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. mantap sob,,, apakah ada data mengenai pendapatan dari pemetaan jenis pekerjaan sob? misalnya rata² pendapatan buruh pabrik berapa, pendapatan PNS berapa, pendapatan wiraswasta berapa,, soalnya kalau di rata² secara umum kelihatannya besar juga pendapatan setiap orang di indonesia karena saya sendiri sebulan pendapatannya cuma 1juta sob,, jadi kalau di lihat rata² pemerintah akan bangga karena setiap tahun naik, padahal kenaikan itu juga tidak sebanding dengan kebutuhan sehari hari apalagi pasca kenaikan harga BBM di bulan november lalu..

    BalasHapus
  2. Artikel yang bagus sekali, semoga dibaca para pemangku kebijakan negeri ini agar mereka berpikir...

    BalasHapus
  3. Ada tidak statistik pendapatan hasil korupsi Indonesia dibandingkan negara-negara lain? Bisa jadi Indonesia itu 3 besar lho, tahu kan penyebab pendapatan per kapita Indonesia rendah.

    BalasHapus