5 Tips Mudah Untuk Menaikkan Peringkat Traffic Ranking Alexa

Peringkat Alexa

Tips_Trik_Meningkatkan_Menaikkan_Peringkat_Alexa_Ranking_Blog
Setelah Google PageRank, indikator berupa angka yg juga menjadi sangat penting bagi para web master adalah "Traffic Ranking Alexa". Percayalah, banyak dari pengguna internet yg menilai blog / website Anda hanya dengan berdasarkan melihat sekilas saja dari Ranking Alexa. Bahkan ada juga sejumlah pemasang iklan yg memeriksa ranking Alexa Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menaruh iklan mereka di blog/situs yg Anda kelola.

Ya jujur saja, bicara tentang ranking Alexa, sebenarnya hanyalah sebuah peringkat sampah dan tidak memiliki kaitan apapun dengan sedikit banyaknya jumlah traffic yang menuju ke blog Anda. Jadi sebenarnya apa sih ranking Alexa ini? Dan bagaimana cara agar blog kita mendapatkan peringkat yg lebih baik di Alexa Rank? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Apa itu Peringkat Alexa Internet Ranking?

Alexa.com mendefinisikan diri mereka sebagai sebuah perusahaan penyedia informasi website. Mereka menentukan peringkat semua website dan blog berdasarkan dari traffic yg dimiliki oleh situs tersebut, dan juga berbagai faktor lainnya. Peringkat Alexa rank ini diperbaharui setiap hari. Semakin sedikit angkanya, maka semakin baik dan semakin tinggi peringkat dari website tersebut.

Apakah peringkat Alexa benar-benar bermanfaat?
Jawabannya adalah ya, Alexa bermanfaat untuk memberi informasi bagi pengguna internet tentang website Anda.

Lalu bagaimana peringkat di Alexa ditentukan?
Anda mungkin sedikit terkejut apabila saya mengatakan bahwa Alexa.com menentukan peringkat traffic blog Anda dengan cara yang paling tidak adil di dunia. Mengapa demikian? Karena mereka hanya menghitung dan merekam jumlah kunjungan ke blog Anda yang melalui system mereka. Ini berarti pengunjung blog Anda entah memiliki Alexa Toolbar yg sudah ter-install pada browser mereka, atau Anda harus menaruh widget/plugin Alexa untuk dipasang pada blog Anda.

Ini berarti blog yang berada di bawah niche blogging, teknologi, akan memiliki peringkat Alexa Ranking yang lebih baik jika dibandingkan dengan blog/situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan hal-hal seperti Teknologi.

5 Tips dan Trik Mudah Untuk Menaikkan Peringkat Alexa Ranking:

  1. Install Alexa ToolBar di Browser Anda:
    Install Alexa Toolbar pada browser yang Anda gunakan dan minta tolong kepada teman dekat atau pengunjung situs Anda untuk meng-install toolbar Alexa pada browser mereka.

    Klik disini untuk men-download Alexa Toolbar untuk dipasang pada browser Anda.

  2. Buat Akun Alexa lalu Klaim Situs Anda:
    Untuk mendapatkan kontrol penuh terhadap situs Anda, klaim situs yang Anda miliki pada situs Alexa.com. Ini akan membantu orang lain untuk mengetahui siapa pemiliki dari situs tersebut dan menolong Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Alexa.

  3. Taruhlah Sebuah Widget Alexa di Blog Anda:
    Sebagaimana yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Alexa hanya akan menghitung kunjungan ke blog Anda yang datang melewati sistem mereka. Jadi taruhlah widget Alexa di situs/blog yang Anda kelola.

    Cara untuk menaruh widget Alexa bisa dibaca disini: Bagaimana Cara Memasang Alexa Widget Pada Blog di Blogger.

  4. Dapatkan Traffic dari Blogger dan Praktisi Teknologi.
    Ini adalah faktor paling penting yang memberikan efek terhadap peringkat Alexa Anda. Apabila Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung yang merupakan blogger dan praktisi teknologi maka peringkat Alexa Anda akan meningkat karena para blogger dan praktisi teknologi adalah orang-orang yang menginstall Alexa Widget di situs mereka dan juga menginstall Alexa Toolbar di browser mereka.

    Dengan demikian, Anda bisa mulai menulis berbagai artikel tentang teknologi dan blogging tips untuk menarik pengunjung yg menginstall alexa toolbar di browser mereka.

  5. Tuliskan Sebuah Ulasan Tentang Alexa di Blog Anda:
    Tulislah sebuah ulasan tentang Alexa Ranking dan jangan lupa sertakan juga backlink ke alamat www.alexa.com. Ini akan meningkatkan kunjungan ke situs Alexa oleh web crawler melalui blog Anda yang sebelumnya sudah dipasang Widget Alexa.
Sekian beberapa tips ringan dari saya, semoga bermanfaat!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Membaca artikel ini membuat saya paham mengapa peringkat alexa untuk situs saya masih N/A alias tidak memiliki peringkat. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, Om ^_^

    BalasHapus