Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet Bagian IV

Flowchart Langkah-Langkah Untuk Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Sebagaimana telah saya tuliskan pada ketiga artikel yang sebelumnya, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan uang dari Internet:
  1. Buat Akun Gmail
    Akun Gmail ini bisa Anda buat dengan sangat mudah dan tanpa biaya alias gratis sebagaimana kebanyakan layanan e-mail lainnya. Namun Gmail bukanlah layanan e-mail biasa. Google mendesain Gmail sebagai connecting-hub sehingga dapat menjadi semacam "single identity" dari keseluruhan layanan yang disediakan oleh Google. Dengan mendaftar pada layanan Gmail, Anda akan langsung terhubung dengan berbagai layanan Google lainnya seperti Blogger, Youtube, Google+, Hangout, dan lain-lain. Dengan demikian pengguna Gmail akan menghemat banyak waktu dan tidak perlu lagi bersusah payah melakukan registrasi pada website lain yang dimiliki oleh Google.

  2. Buat Blog gratis menggunakan Blogger
    Blogger adalah layanan blog gratis dari Google yang diakusisi pada tahun 2003 dari pengembangnya, Pyra Labs. Mulai diluncurkan dengan versi yang terbaru pada tahun 2006 (versi Beta), kini lebih dari 300 juta orang yang mengunjungi blogger setiap bulannya. Pada bulan Februari 2011, tercatat lebih dari 160 juta blog yang telah terdaftar dan dipublikasikan di seluruh dunia. Walaupun Blogger tidak pernah merilis data resmi jumlah blog yang dimilikinya, namun diperkirakan ada lebih dari 42 juta blogger aktif yang sudah terdaftar menggunakan layanan Blogger dari Google. (Dengan melihat statistik ini maka jangan langsung berharap blog Anda akan langsung ramai dikunjungi orang. Blog yang baru saja Anda buat akan masuk ke peringkat ratusan juta paling bawah, dan Anda harus merangkak naik setiap harinya dimulai dari menyisihkan blog yang sudah tidak pernah di-update oleh pemiliknya).
    Cara membuat blog di Blogger sangat mudah, setelah akun Gmail Anda aktif, maka Anda tinggal pergi ke halaman www.blogger.com dan klik "Buat Blog".

  3. Pilih Tema / Topik Blog
    Tema atau Topik spesifik sangat penting untuk blog yang baru saja Anda buat. Jika Anda membuat blog dengan konten random (artikel dari banyak jenis topik / kategori), maka akan semakin sulit bagi Anda untuk membawa blog berada di top list daftar hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu. Contohnya apabila Anda hari ini menulis tentang otomotif, lalu di hari berikutnya artikel tentang perkebunan, maka Anda akan kesulitan untuk menargetkan kata kunci (keyword) "otomotif" atau "perkebunan" di hasil penelusuran Google. Dengan memilih satu tema saja, misalnya tentang otomotif saja, maka fokuskan artikel Anda untuk membahas tentang otomotif. Dengan demikian akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk menargetkan kata kunci tertentu untuk blog Anda.

  4. Mulai Mengisi Konten Blog
    Setelah blog dibuat dan topik dipilih, maka saatnya untuk mulai menulis artikel untuk ditampilkan di blog Anda. Dalam mengisi konten blog dengan artikel, sebaiknya posting Anda adalah asli hasil karya tulis Anda, bukan copy paste. Google akan dengan mudah mengetahui apabila Anda menjiplak dari website lain lalu mempublikasikannya ke blog Anda. Sekali saja blog Anda diketahui menjiplak dari website lain mentah-mentah, maka Google akan menurunkan peringkat Anda dari daftar hasil penelusuran Google search engine. Lebih baik jika Anda hanya menuliskan review singkatnya lalu memberikan link ke website aslinya daripada meng-copy seluruh isi artikel orang lain lalu mem-publish di blog Anda sendiri.

  5. Lakukan SEO
    Ini adalah bagian yang sama sulitnya dengan menghasilkan konten original, bahkan mungkin lebih rumit. Sepintas informasi, SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode untuk mengoptimalkan mesin pencari ketika mengunjungi website kita dan mengumpulkan data untuk dikirim ke pusat database mesin pencari. Google adalah standar mesin pencari yang sudah diakui dunia, jadi optimalkan website Anda berdasarkan standar yang sudah ditetapkan oleh Google.
    Beberapa trik SEO sederhana antara lain adalah memfokuskan artikel yang Anda tulis pada kata kunci atau keyword yang Anda targetkan. Misalnya topik blog Anda adalah tentang komputer, maka di setiap artikel usahakan Anda selalu menyertakan kata "komputer" agar robot google (yang disebut "crawler") mengenali situs Anda sebagai situs tentang komputer. Kemudian pada gambar yang Anda upload dalam artikel, berikan nama file yang mencantumkan kata komputer juga, fungsinya agar dikenali oleh Google Images sebagai sebuah foto/gambar tentang komputer. Setelah artikel dan gambar diisi kata kunci komputer, berikan label untuk artikel Anda dengan label yang sama. Dengan demikian artikel Anda sudah memenuhi syarat utama agar dikenali sebagai artikel yang membahas tentang komputer. Itu hanya tiga buah trik SEO dasar yang sangat sederhana. Trik SEO yang lebih sulit adalah mencari backlink ke artikel Anda tersebut yang berasal dari situs lainnya dengan topik yang sama yang memiliki PageRank lebih tinggi.

Sekian dulu, akan saya lanjutkan pada artikel yang berikutnya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar