Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet Bagian III

Artikel ini merupakan bagian dari serial Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet yang saya tuliskan sebelumnya.

Untuk membaca artikel sebelumnya, Anda bisa langsung mengklik di link berikut ini:
  1. Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet Bagian I
  2. Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet Bagian II
Setelah pada artikel pertama saya membahas tentang prinsip dasar menghasilkan uang dari internet, dan artikel kedua menjelaskan bagaimana uang berputar di internet setiap harinya. Maka disini akan saya bahas topik selanjutnya, yakni bagaimana kita akan memulai mencari uang atau mengejar penghasilan pasif dari internet.

Secara tidak kita sadari, uang berputang sedemikian kencang di internet. Dimulai dari perusahaan yang menanamkan modalnya dengan memproduksi suatu barang atau jasa, kemudian mereka mempromosikan barang dan jasa hasil produksinya tersebut melalui internet dengan cara memasang iklan pada situs-situs yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang. Perusahaan pemasang iklan tersebut membayar uang kepada situs yang bersedia menayangkan iklannya di halaman website mereka, sesuai dengan jumlah penayangan iklan yang dilihat oleh tiap-tiap pengunjung unik. Pengunjung yang tertarik kemudian meng-klik iklan tersebut, melihat produknya, dan diharapkan oleh perusahaan produsen pengunjung tersebut akan membeli produk atau menggunakan jasa mereka. Sebuah statistik menyatakan bahwa uang yang berputar di internet mencapai hingga lebih dari 50 milyar dollar Amerika setiap tahunnya, dan angka tersebut terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet aktif di seluruh dunia. Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa masuk ke dalam perputaran uang yang sangat besar di internet tersebut? Jawabannya adalah dengan menjadi pihak yang menerima pemasangan iklan. Untuk bisa menerima pemasangan iklan, setidaknya Anda harus memiliki sebuah website. Dan untuk menarik pemasang iklan agar berminat menggunakan situs Anda untuk mempromosikan produknya, situs yang Anda miliki harus punya banyak pengunjung tetap.

Situs yang saya contohkan sebelumnya adalah Google dan Facebook. Kedua perusahaan IT ini sudah sangat terkenal akan keberhasilannya di dunia bisnis internet dengan bermodalkan dua hal. Yang satunya memiliki search engine yang paling banyak digunakan di dunia, dan yang satu lagi memiliki media sosial online dengan anggota terdaftar paling banyak sedunia. Angka pengunjung dari kedua situs tersebut mencapai ratusan juta visitor setiap harinya, dan itu adalah magnet yang sangat kuat bagi perusahaan yang sedang ingin gencar berpromosi. Situs Business Insider mencatat penerimaan Facebook dari iklan online di internet pada quartal kedua tahun 2012 mencapai hingga nyaris 1 milyar dollar Amerika (setara dengan lebih dari sebelas trilyun rupiah). Begitu juga dengan Google yang mencatat pendapatan jauh lebih tinggi daripada Facebook, yakni meraih hingga lebih dari 10 milyar US dollar hanya pada quartal ketiga tahun 2012. Nilai itu jika dirupiahkan setara dengan 110 trilyun rupiah, atau hampir 10 % dari APBN negara Indonesia.

Grafik pendapatan Facebook dari iklan online di internet.


Grafik pendapatan Google dari iklan internet per tahun. (dalam juta dollar).

Melihat dari angka-angka yang dihasilkan Facebook dan Google, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Anda bisa mendapatkan uang sama seperti yang mereka hasilkan? Jawabannya bisa tapi sangat sulit, kecuali Anda adalah orang jenius seperti Larry Page dan Sergei Brinn yang menciptakan mesin pencari secanggih Google, atau mungkin Anda sepintar Mark Zuckerberg yang menciptakan media sosial terbesar sejagad. Tetapi jika pertanyaannya diubah menjadi "Apakah saya bisa mendapat cipratan uang yang dihasilkan Google dari iklan online di internet?", maka jawabannya akan berubah menjadi BISA!

~bersambung ke Langkah Mudah Mendapat Uang dari Internet Bagian IV~
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar