Anjing Siberian Husky

Siberian Husky

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

The Siberian Husky (dalam bahasa Rusia: сибирский хаски, "Sibirsky husky") adalah jenis anjing berukuran medium sampai besar, berbulu padat, masuk dalam katagori anjing pekerja yang berasal dari Siberia utara hingga ke timur. Berkembang biak dari keluarga genetik anjing Spitz dan dikenali dengan kulit tebal berbulu mantel-ganda (double coated), ekor lancip seperti sabit, telinga tegak segitiga, dan tanda-tanda lainnya yg sangat khas.

Huskies berkembang biak dengan sangat aktif, energik, dan tangguh seperti nenek moyangnya yg berasal dari lingkungan yg sangat dingin dan berkultur keras dari Arktik Siberia. Siberian Huskies dibiakkan oleh bangsa Chukchi dari Northeastern Asia untuk menarik beban berat dalam menempuh jarak jauh melalui kondisi yang sulit di pegunungan bersalju. Anjing-anjing itu kemudian diimpor ke Alaska selama masa "Nome Gold Rush" dan kemudian menyebar ke Amerika Serikat dan Kanada. Mereka awalnya dikirim ke Alaska dan Kanada sebagai anjing kereta luncur tapi dengan cepat memperoleh status sebagai hewan peliharaan keluarga dan anjing pertunjukan. Anjing ini juga sudah terdaftar dan diakui oleh American Kennel Club.

Sejarah Anjing Husky

The Siberian Husky, Samoyed, dan anjing Alaskan Malamute adalah keturunan langsung dari anjing kereta luncur yang asli, dimana sebuah penelitian berdasarkan analisis DNA yg dibuat pada tahun 2004 menegaskan bahwa mereka adalah salah satu ras tertua diantara seluruh ras anjing. Diperkirakan bahwa istilah "husky" berasal dari julukan "Esky" yg digunakan pada orang "Eskimo" dan selanjutnya untuk anjing mereka.

Keturunan dari anjing Eskimo atau Qimmiq ini bisa ditemukan di seluruh belahan bumi utara dari Siberia ke Kanada, Alaska, Greenland, Labrador, dan Pulau Baffin. Akhir-akhiri ini keturunan anjing ras Siberian Husky juga menjadi primadona di kalangan penyayang binatang khususnya di Indonesia. Seekor anak anjing Husky bisa berharga lima sampai tujuh juta tergantung dari kondisi dan latar belakangnya.

Dengan bantuan Siberian Huskies, seluruh suku yang tinggal di daerah pegunungan bersalju mampu tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga mendorong maju ke "terra incognita". Laksamana Robert Peary dari Angkatan Laut Amerika Serikat dibantu oleh anjing trah ini selama melaksanakan ekspedisinya dalam menjelajahi Kutub Utara.

Anjing dari Sungai Anadyr dan daerah sekitarnya diimpor ke Alaska sejak 1908 (dan selama dua dekade berikutnya) selama masa penambangan emas untuk digunakan sebagai anjing kereta luncur, terutama dalam "All-Alaska Gold Rush," a 408-mil (657-km) jarak kereta luncur anjing ras dari Nome, ke Candle, dan punggung. Lebih kecil, lebih cepat dan lebih kekal daripada 100 - 120 pon (45 - 54 kg) anjing freighting kemudian digunakan secara umum, mereka segera mendominasi Nome Undian. Leonhard Seppala, peternak terkemuka Siberian Huskies waktu, berpartisipasi dalam kompetisi dari 1909 ke pertengahan 1920-an. Gunnar Kaasen dan Balto

Pada tanggal 3 Februari 1925, Gunnar Kaasen pertama kali di 1925 serum lari ke Nome untuk memberikan difteri serum dari Nenana, lebih dari 600 kilometer ke Nome. Ini adalah upaya kelompok oleh beberapa tim kereta luncur anjing dan mushers, dengan terpanjang (91 mil atau 146 km) dan paling berbahaya segmen jangka ditutupi oleh Leonhard Seppala. The Iditarod Trail Sled Dog Race memperingati pengiriman terkenal ini. Acara ini juga longgar digambarkan dalam 1995 film animasi Balto, sebagai nama anjing memimpin Gunnar Kaasen dalam tim kereta luncur nya Balto, meskipun tidak seperti anjing sungguhan, Balto karakter digambarkan sebagai setengah serigala dalam film. Untuk menghormati anjing memimpin ini, sebuah patung perunggu didirikan di Central Park di New York City. Plak pada itu tertulis,

"Dedicated to the indomitable spirit of the sled dogs that relayed antitoxin six hundred miles over rough ice, across treacherous waters, through Arctic blizzards from Nenana to the relief of stricken Nome in the winter of 1925. Endurance · Fidelity · Intelligence"

,yang kira-kira artinya:

"Daya tahan didedikasikan untuk semangat gigih dari kereta luncur anjing yang disampaikan antitoksin enam ratus mil di atas es yang kasar, di perairan berbahaya, melalui badai salju Arktik dari Nenana dengan bantuan dari Nome terserang pada musim dingin tahun 1925. · · Fidelity Intelijen"

Pada tahun 1930 ekspor anjing dari Siberia dihentikan. Pada tahun yang sama melihat pengakuan Siberian Husky oleh American Kennel Club. Sembilan tahun kemudian, berkembang biak pertama kali terdaftar di Kanada. Amerika Kennel Club diakui berkembang biak pada tahun 1938 sebagai "Arktik Husky," mengubah nama untuk Siberian Husky pada tahun 1991. Seppala dimiliki kennel di Nenana sebelum pindah ke New England, di mana ia menjadi mitra dengan Elizabeth Ricker. Dua co-dimiliki kennel Poland Springs dan mulai berpacu dan menunjukkan anjing mereka di seluruh Timur Laut.

Sebagai berkembang biak mulai datang ke menonjol, pada tahun 1933 Angkatan Laut Laksamana Richard E. Byrd membawa sekitar 50 Siberian Huskies dengan dia di sebuah ekspedisi di mana ia berharap untuk perjalanan sekitar 16.000 mil pantai Antartika. Banyak anjing dilatih di Chinook Kandang di New Hampshire. Disebut Operasi highjump, perjalanan bersejarah membuktikan nilai dari Siberian Husky karena ukurannya yang ringkas dan kecepatan yang lebih besar. Siberian Huskies juga bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat Arctic Search and Rescue Unit Komando Transportasi Udara selama Perang Dunia II. Popularitas mereka dipertahankan ke abad 21. Mereka peringkat 16 di antara American Kennel Club pendaftar pada tahun 2012, naik ke tempat ke-14 pada tahun 2013.


Kereta luncur anjing asli dibesarkan dan disimpan oleh Chukchi dianggap telah punah, tetapi Benedict Allen, menulis untuk majalah Geografis pada tahun 2006 setelah mengunjungi daerah, melaporkan kelangsungan hidup mereka. Mereka adalah sleding anjing terbaik dari semua anjing karena mantel bulu tebal yang membuat mereka hangat dan dilindungi.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar